Perkenalan Flash Lanjutan


Memahami Object Interactive
Ada dua cara untuk membuat object 
  •  Membuatnya dengan kode AS 3.0
  •  Membuatnya di dalam flash visual authoring environment


Untuk beberapa bab kedepan Kita akan membahas tentang membuat objek yaitu
  •  Flash vector drawing tools
  • Creating symbols in Library
  • Instance dan stage
  • Membuat tombol 

Membuat Object
Hal Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat,backround, objek dan button.

Note:Setiap Objek harus di buat dalam satu layer karena jika tidak maka flash akan mengabungkan objek tersebut.

Menampilkan Halaman Pertama pada Stage:

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat seluruh objek.  Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menampilkan objek kedalam stage.
  • Menggunakan variable dan keyword untuk penghubung StartPage agar dapat di hubungkan dengan programing
  • Menggunakan addChild untuk menampilkan instansi baru pada stage

Untuk menghubungkan antara object yang telah kita buat di library dengan actionscript yang kita buat dapat menggunakan dua cara,yaitu:
  • Menggunakan linkage
  • Menggunakan instance name
 Contoh
menggunakan instance name:
movie clip
movie clip



 Menggunakan linkage
library
library


Menghubungkan dengan class


properties
properties


Catatan :
Untuk menghubungkan antara file .flv dengan .swf harus menggunakan document class.
class link
class link




Modifikasi  Symbol
Jika kita melihat nama symbol dengan MovieClip di sampingnya, kamu berada di dalam editing Mode. Stage dan Timeline yang kamu lihat adalah milik symbol tersebut.

scene
scene




Membuat page Pertama
Kamu akan membuat halaman untuk karakter. Tugas ini akan memperkenalkanmu secara singkat tentang kemampuan flash untuk mengambar objek yang berbentuk vektordan memberi tahumu cara memanage graphics.

Note: gambar dari background yang di buat sengat berbeda dengan gambar yang akan di bahas kedepannya. Tujuannya agar kita mengerti konsep pembuatannya.

Note: cara membuat langit biru yang seukuran dengan stage adalah dengan mengubah lebar dan tingginya di dalam property menjadi 550 dan 400. Lalu ubah registration point menjadi (0,0), namun registration point harus berada disebelah kiri atas.

Drawing the foreground object
            Sebelum memulai membuat foreground. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah senapping option. Dengan snapping aktif flash secara otomatis meletakkan objek bersebelahan dengan objek lain.
 



object
object





Mewarnai background



warna
warna



Untuk mewarnai background sangatlah mudah hanya dengan menseleksi objek dan mengubah warnanya melalui color.

Memanage Layer dan Timeline
Sebelum kita melangkah lebih jau ada baiknya kita mempelajari cara memanage layer dan timeline.
Jika kamu melihat bagian atas stage atau biasa di sbut worksace maka kamu akan melihat timeline. Timeline biasanya digunakan untuk animasi selai animasi juga bisa di gunakan untuk membuat drawing layer pada photoshop atau desain grafis lainnya.


layer
layer



 Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya satu layer hanya boleh mencakup satu objek.oleh sebab itu maka antara karakter, foreground, dan background harus di pisahkan. Selain itu ada tiga icon yang berbeda satu berbentuk mata, yang satu lagi berbentuk gembok dan yang lain kotak.


hide
hide

Icon mata di gunakan untuk melihat setiap layer. Icon ini biasa di gunakan ketika kita bingung objek apa saja yang berada di dalam layer.cara yang paling mudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengecek satu persatu dengan icon mata tersebut.



lock
lock








 





Tombol gembok sangat berfungsi untuk menlock object supaya tidak termodifikasi seerti pindah posisi dan sebagainya.


gembok
gembok






 




Tanda kotak berfungsi untuk menampilkan stroke yang ada pada objek.



Membuat Object
first step
first step


second step
second step




Membuat Button
  
membuat button
membuat button


hasil jadi
hasil jadi


Penerapan pada Actionscript menggunakan
Package {
 import flash.display.MovieClip;
 public class Pemandangan extends MovieClip {
 var startPage:StartPage;
 public function Pemandangan() {
startPage= new StartPage();
 addChild(startPage); }
 }
 }
keterangan
keterangan

Variable



Kita bisa mengumpamakan variabel sebagai box/kotak kecil yang bisa menyimpan informasi.

Setiap box memiliki nama dan isi yang berbeda.



mengilustrasikan 3 box variable bernama score, name, enemy.

Setiap variabel berasosiasi dengan box yang memiliki informasi.
variable
variable

Jika kita ingin menggunakan informasi didalam box, kita hanya perlu menyebutkan nama box

saja dimanapun didalam program tersebut. Contoh, kalau kita ingin mengetahui score kita

saat ini, gunakan nama variabel 'score'; program tersebut akan menginterpretasikan score

kita adalah 8. Jika kita ingin mereferensikan the dragon movie clip, gunakan kata 'enemy'.

Kita juga bisa mengosongkan box kapanpun kita mu dan memasukkan informasi baru kedalamnya.

Itulah variabel.



Begitulah artinya variabel : Storage Containers yg memiliki nama

Pengetahuan awal tentang Mouse Event.
 

Mouse Event

Untuk lebih lanjut kita perlu mengetahui tentang MouseEvent. Mouse event adalah kondisi ketika ada input atau pergerakan yang dilakukan user melalui mouse.

MouseEvent.Click
Fungsi ini baru berjalan ketika user menekan dan melepaskan tombol mouse serta letak pointernya ada di sekitar object yang bersangkutan.Click adalah gabungan antara Mouse Down dan Mouse Up secara bersamaan, jika kita menekan di saat pointer menunjuk kepada objek yang bersankutan dan setelah itu kita lepas di saat pointer kita berada di luar objek yang bersangkutan maka tidak akan terjadi apa-apa.

MouseEvent.Double_Click
Fungsi ini umumnya sama seperti yang biasa digunakan di applikasi desktop,tetapi dengan satu perbedaan yaitu objek yang bersangkutan harus memiliki fungsi doubleClickEnable yang di set bernilai true agar fungsi ini dapat di jalankan. Perbedaan antara two Click dan doubleClick ada di dalam system.

MouseEvent.MOUSE_DOWN
Fungsi ini berjalan ketika pengguna menekan tombo mouse pada saat pointer tepat ada di objek yang bersangkutan. Jika targetnya adalah simple button maka simpleButton akan menunjukan bagian down.

MouseEvent.MOUSE_MOVE
Fungsi ini berjalan ketika mouse bergerak di sekitar object yang bersangkutan. Fungsi ini tidak akan berjalan jika pointer tidak berada di sekitar object.

MouseEvent.MOUSE_OUT
Fungsi ini di jalankan ketika pengguna mengerakkan pointer keluar dari object yang bersangkutan. Fungsi ini berfungsi jika sebelumnyapointer berada di sekitar objek terlebih dahulu.

MouseEvent.MOUSE_OVER
Fungsi ini berjalan ketika pointer mouse bergerak ke dalam objek yang bersangkutan

MouseEvent.MOUSE_UP
Fungsi ini berjalan ketika pengguna melepaskan tombol mouse di sekitar object yang bersangkutan.

MouseEvent.MOUSE_WHEEL
Fungsi ini berjalan ketika mouse wheel di tekan di sekitar objek yang bersangkutan.

MouseEvent.ROLL_OUT
Fungsi ini hampir sama dengan mouse out,namun lebih mudah digunakan kepada objek yang memiliki anak/Turunannya

MouseEvent.ROLL_OVER
Menyerupai roll out , ketika mouse memasuki area anak atau turunannya.objek yang bersangkutan menjalankan roll over function.


Error Handling

Ada beberapa tipe error yang membantu kita dalam menyelesaikan kesalahan kodingan yang kita buat.
Tipe Exception
Gambaran
Penyebab Potensial dan Catatan
RangeError
Nomor tidak valid
Membuat array dengan ukuran yang tidak valid, menampilkan turunan object pada keadaan yang tidak memungkinkan, menulis byte sebagai karakter ketika tidak di dalam karakter yang di terima.
ReferenceError
Mengakses property dari objek yang belum di deklarasi
Mencari property yang tidak ada di dalam class
SyntaxError
Code tidak valid
Biasanya compiler menemukan syntax error
TypeError
Tipe tidak sesuai
Tipe argument tidak sesuai dengan yang di harapkan baik parameter, fungsi, dan lain-lain
URIError
Kesalahan URI
Kesalahan ini sangat jarang terjadi
ArrgumentError
Kesalahan argumen yang di lempar ke fungsi

SecurityError
Menyalahi aturan Flash
Akses di tolak oleh URL,server, atau system hardware
VerivyError
Kesalahan SWF
Mencoba membuka file swf yang corrupt ke program
flash.error.EOFError
Mencoba membaca file/stream yang melebihi kapasitas
Terjadi ketika membaca byte melebihi yang tersedia dari URLStream, ByteArray, or Socket
flash.error.
IllegalOperationError
Fungsi yang di panggil ada namun tidak support
Menampilkan fungsi DisplayObjectContainer ke dalam stage.fungsi FileRefrance method di panggil dengan cara yang salah.
flash.errorIOError
Kesalahan membaca dan menulis ke resourse
Kesalahan ini dapat terjadi di network akses manapun
flash.error.MemoryError
Memoi yang di minta tidak dapat di sediakan
Memgakses memori melebihi yang tersedia
flash.error.
ScriptTimeoutError
Code di jalankan melebihi waktu yang di tentukan sebelum selesai dan memerintahkan flash untuk lanjut ke frame berikutnya
Durasi script tidak dapat di tulis ke dalam file swf. Secara default dalam durasi 15 detik hanya dapat di ambil hanya sekali.
flash.error.
StackOverflowError
Eksekusi stack melebihi panjang maksimum
Fungsi yang reculsive yang tidak memiliki akhir dari kondisi menyebabkan looping forever.





Comments

  1. If you're looking for a good contextual advertising company, I recommend that you take a peek at Chitika.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 CMS untuk Forum

11 Website yang Membayar Anda untuk Meng-upload File

10 Soal Ujian dari Perusahaan untuk Web Programmer